About Us

Semua Bisa Belajar adalah komunitas di bawah naungan yayasan Leads Indonesia Foundation yang berfokus pada pemberdayaan pemuda dalam upaya pemerataan atas hak dan kewajiban belajar. Melalui visi menjadi organisasi yang mampu membangun pemuda untuk memiliki pola pikir solutif terhadap permasalahan pendidikan dan pioner penegakan hak-hak belajar secara inklusif, Semua Bisa Belajar telah banyak mempersembahkan program-program yang selaras diantaranya Leads For Kids yang merupakan salah satu program untuk menanamkan nilai karakter pada generasi muda khususnya anak-anak melalui kegiatan mendongeng.

Pulau Solor, Nusa Tenggara Timur

Pulau Solor berada di sebelah timur Pulau Flores. Pulau ini dibatasi oleh Selat Lowotobi di barat, Selat Solor di utara, Selat Lamakera di timur, serta serta Laut Sawu di selatan. Pulau Solor terbagi dalam 3 kecamatan, yaitu Solor Barat, Solor Timur, dan Solor selatan. Pulau Solor tak kalah indah dari pulau-pulau lainnya di Nusa Tenggara seperti Pulau Komodo dan Labuan Bajo karena terletak di Garis Wallacea yang unik dan kaya biota laut. Adapun rangkaian Cakrawala Muda Nusantara akan diselenggarakan pada 12 Agustus s.d 22 Agustus 2022.

Jalur Penerimaan
Cakrawala Muda Nusantara

FULLY FUNDED

Fully Funded akan melalui 4 tahapan seleksi yaitu seleksi berkas, studi kasus, dan LGD (Leadership Group Discussion), dan wawancara. Pada jalur fully funded akan terpilih 5 orang volunteer yang akan dibiayai penuh dan menjadi bagian dari program Cakrawala Muda Nusantara.

PARTIALLY FUNDED

Partially Funded merupakan apresiasi yang diberikan kepada pendaftar fully funded yang belum lolos seleksi dan berkesempatan untuk menjadi bagian dari program Cakrawala Muda Nusantara. Peserta akan mendapatkan potongan harga untuk mengikuti program. Kuota peserta jalur partially funded terbatas hanya untuk 15 orang yang terbaik.

Partially Gold Rp1.921.000

Partially Silver Rp2.205.000

Partially Bronze Rp2.396.000

SELF FUNDED

Peserta self funded dapat melakukan pembayaran full cash sebesar Rp3.000.000 melalui link...... atau dapat melakukan pembayaran melalui sistem cicil/termin
  • Pembayaran termin 1 : 4 Mei - 31 Mei 2022
  • Pembayaran termin 2 : 3 Juni - 10 Juni 2022
Note : Kuota peserta jalur self funded terbatas hanya untuk 10 orang tercepat.

FOKUS BIDANG PENGABDIAN

PENDIDIKAN

Membangkitkan semangat dan memberikan motivasi kepada pelajar di Pulau Solor untuk memiliki mimpi. Selain itu juga memberikan metode belajar yang menyenangkan serta mengenalkan budaya literasi kepada pelajar.

LINGKUNGAN

Mengajak masyarakat membiasakan green lifestyle untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Pengolahan sampah baik organik maupun anorganik juga akan dilakukan menjadi produk yang tepat guna.

EKONOMI

Menggali potensi baik SDA maupun pariwisata untuk memperkenalkan Pulau Solor ke kalangan luas sehingga mampu meningkatkan peluang ekonomi bagi masyarakat.

KESEHATAN

Edukasi dan praktik hidup sehat baik kepada masyarakat maupun pelajar di Pulau Solor. Pemanfaatan air hujan dan air laut akan dilakukan dengan praktik filtrasi air hujan.


KILAS BALIK
NGAJAR TOR NGABDI

Ngajar Tor Ngabdi 1

Ngajar Tor Ngabdi 1.0 dilaksanakan di Pulau Giliraja, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Program yang menjadi fokus utama adalah di bidang pendidikan dengan mengunjungi SD sekitar, lingkungan dengan menanam mangrove, dan juga ekonomi dengan mengajak masyarakat mengenal potensi daerah.

Ngajar Tor Ngabdi 2

Ngajar tor Ngabdi 2.0 dilaksanakan di Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Ngajar tor Ngabdi 2.0 beranggotakan 13 volunteer dari universitas berbeda seluruh Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan selama 7 hari tersebut mampu memberikan manfaat kepada 450 siswa baik SD, SMP, dan SMA serta 300 masyarakat setempat

Fully Funded